Aug 17, 2010

Buah Tin & Zaitun

Di dalam Al-Qur'an terdapat sebuah surat dinamakan At Tiin yang diambil dari kata At Tiin yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang artinya buah Tin. Selain buah Tin, juga terdapat buah zaitun, yang menurut sebagian ahli tafsir bahwa yang dimaksud dengan Tin ialah tempat tinggal Nabi Nuh, yaitu Damaskus yang banyak pohon Tin; dan Zaitun ialah Baitul Maqdis yang banyak tumbuh Zaitun.


Firman Alloh Subhanahu wa Ta’ala, yang artinya: "Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun" (Qs: At Tiin: 1)

Buah Tin (Figs)



Alloh Subhanahu wa Ta’ala menyatakan bahkan bersumpah dengan menyebutkan "Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun" tentunya hal ini mengandung hikmah yang dalam sekali selain seperti yang dinyatakan oleh sebagian ahli tafsir.

Buah Zitun (Olive)



Hal ini setidaknya memicu ilmuwan dari kalangan umat Islam untuk mencoba menemukan berbagai keistimewaan yang dimiliki oleh Buah Zaitun dan Buah Tin.

2 comments:

asri said...

Kalau ini pokok Buah Tin, ia ada d tanam d sebelah kaki lima Fakulti Sumber Manusia UTM Skudai bersebelahan Fakulti Pendidikan. Dulu tak pasti yang tu pokok buah Tin. Kalau tahu yang dah ranum bawak balik keringkan. Tak tahu yang Dr. Hamdan Abd Kadir ada d Fakulti tu.

Kelab Kembar Malaysia said...

baru tau beza buah tin dan buah zaitun. tq